Minggu, 04 November 2012

Sahabat yang egois


Kalian ga suka kan punya teman atau sahabat yang punya sifat mau menang sendiri,selalu mau dimengerti dan kurang mau mengerti kondisi temannya jadi keinginannya harus turutin? atau bisa dibilang egois tingkat tinggi atau ETT. 

Dan akhirnya persahabatan/pertemanan pun berujung dengan salah paham dan bahkan dampak buruknya kehancuran. Hal ini bisa terjadi karena sudah tidak adanya rasa nyaman ketika dekat/bersama dengannya dan cenderung menjaga jarak dengannya. 


Gue nulis blog ini pun semata-mata bukan mau menghakimi sifat egois seseorang karena gue juga punya sifat egois itu, tapi sifat egois tiap orang kan berbeda-beda. Dan kalau udah kelewatan itulah yang menjadi hal yang tidak diinginkan oleh teman/sahabat untuk menjalin hubungan.

Mungkin kalian punya teman yang egois dan sudah tidak wajar lagi, gue yakin kalian ga akan berjiwa besar dan menerima apa adanya sifat egois mereka, karena kalian ga akan merasa nyaman lagi saat bersama dengannya. Tapi kalo dia sahabat kalian pasti kalian berusaha untuk memberikan perubahan supaya dia bisa mengurangi keegoisannya dan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa langkah untuk menghadapi sahabat yang egois:
1. Sabar - wajib kalau mau bertahan
2. Menjadi cermin baginya
3. Dengarkan apa yang dia mau
4. Jangan takut mengatakan "KAMU EGOIS"
5. Jika dia marah sebaiknya kita DIAM
6. Katakan perasaan/ unek-unek mu
7. Berikan kritik dan saran
8. Berikan skak matt

"Menjalin persahabatan mungkin memang tidak mudah karena kita harus bisa mengerti dan menerima sifat-sifat lain yang jauh berbeda dengan pribadi kita, namun persahabatan yang baik pasti bisa dibangun dan bertumbuh dengan mengurangi kadar ego masing-masing individu, saling mengerti satu sama lain dan pastinya kita harus tetap saling mengasihi bagaimanapun adanya sahabat kita."
God Bless us! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar