Sabtu, 05 Januari 2013

Otak

..Otak tidak hanya menjaga kewarasan, tapi juga mampu menyuguhkan seluruh semesta, dengan tujuh respon dasarnya,

Pertama, respons  hidup  dan  mati.  Respon paling dasar. Lewat respons ini, hidup diproyeksikan sebagai rimba perjuangan, dan tujuanmu satu: bertahan hidup.

Kedua, respons reaktif.  Ini adalah upaya otak untuk menciptakan identitas. Setelah melewati tahap pertama, maka muncul kebutuhan yang lebih kompleks. Ini jugalah perkenalan pertama kita dengan konsep kekuasaan, aturan, dan hukum.

Ketiga, respons  relaksasi.  Di tengah hiruk-pikuk dunia materi, otak yang senantiasa aktif pun menginginkan kedamaian. Ia ingin tenang, dan ia ingin yakin bahwa  dunia luar bukanlah sumber segalanya.

Keempat, respons  intuitif.  Otak mencari info ke luar dan juga ke dalam. Pengetahuan eksternal bersifat objektif, dan yang internal bersifat intuitif. Pada tahap ini ia mulai bersandar pada apa yang ada di 'dalam'.

Kelima, respons  kreatif.  Manusia dimampukan untuk mencipta, mengeksplorasi fakta. Kemampuan ini datang dalam momen yang penuh keajaiban, yang sering disebut kebanyakan orang "inspirasi".

Keenam, respons  visioner.  Otak memiliki kemampuan langsung dengan kesadaran Murni yang sama sekali tidak ditemukan di dunia materi. Pada level ini terjadi apa yang namanya mukjizat.

Ketujuh, respons  murni.  Otak kita berawalkan dari sel yang tidak mempunyai fungsi-fungsi otak. Ia berawal dari satu cercah kehidupan. Tak terkategori. Sekalipun ada sistemasi biliunan saraf yang bergantung pada otak, tapi otak sendiri tidak kehilangan akarnya pada kemurnian. Itulah sumber yang sesungguhnya. Sesuatu yang tidak perlu berpikir tetapi ada.

.. melalui ketujuh respons ini, manusia dapat melihat dunia sebentang untuknya. Dan apa yang ia lihat tergantung dari respons yang ia gunakan. Otak adalah alat yang disedikan bagi kita untuk bermain dengan hidup. Permainannya sendiri.. terserah Anda.


Supernova
Keping 10
Kekekalan adalah Chaos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar